INOVASI SI & NEW TECHNOLOGY
Sejarah Perkembangan Sistem/Teknologi Informasi, Perkembangan Hardware & Software
Sejarah Perkembangan Sistem/Teknologi Informasi
Komputer sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Kebanyakan orang saat ini membutuhkan komputer untuk mempermudah pekerjaan mereka. Sharing kali ini tentang sejarah hardware/hardware komputer dan bagaimana perkembangannya, berbeda dengan history software yang saya share kemarin. Sekarang untuk sejarah perangkat keras/hardware komputer.
Definisi Komputer
Istilah komputer memiliki arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti perhitungan (computation atau perhitungan).
Charles Babbage adalah seorang matematikawan Inggris. Pada tahun 1822 ia menciptakan kalkulator yang disebut mesin perbedaan. Mesin ini digunakan untuk menghitung tabel matematika. Pada tahun 1833, Charles Babbage mengembangkan mesin pembeda lain yang disebut Mesin Analitik yang dapat melakukan perhitungan apa pun. Oleh karena itu, mesin ini dikenal sebagai komputer digital serba guna. Kontribusinya terhadap dunia begitu besar sehingga ia juga dianggap sebagai bapak komputer modern. 1937 Matematikawan Harvard Profesor Howard Akem. Dia merancang penciptaan komputer yang secara otomatis dapat melakukan operasi aritmatika dan logika. Pada tahun 1944, Profesor Howard Aikem, bekerja sama dengan IBM, menyelesaikan komputer elektronik yang disebut Automatic Sequence Control Computer (ASCC) yang disebut Harvard MARK I.
Menurut Blissmer (1985), komputer adalah perangkat elektronik yang mampu melakukan banyak tugas. Artinya, menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan instruksi dan hasil pemrosesan, dan memberikan output dalam bentuk informasi.
Menurut Sanders (1985), komputer adalah suatu sistem elektronik untuk manipulasi data yang cepat dan tepat, secara otomatis menerima data masukan, menyimpannya, memprosesnya, dan mengeluarkannya berdasarkan instruksi yang disimpan dalam memori. Semakin banyak ahli mencoba untuk mendefinisikan komputer secara berbeda. Namun pada hakikatnya komputer menerima input, memproses input, memberikan informasi, menggunakan program yang tersimpan dalam memori komputer, menyimpan program untuk memproses hasil, dan beroperasi secara otomatis.
Dari definisi ini muncul tiga istilah kunci: input (data), pemrosesan data, dan informasi (output). Pemrosesan data oleh komputer disebut pemrosesan data elektronik (EDP) atau pemrosesan data elektronik (EDP). Data adalah kumpulan peristiwa yang diambil dari fakta dan dapat berupa angka, huruf, karakter khusus, atau kombinasi dari ketiganya. Datanya belum bisa memberi tahu Anda banyak dan perlu diproses lebih lanjut. Pengolahan data adalah proses memanipulasi data menjadi bentuk informasi yang lebih berguna dan bermakna. Oleh karena itu, informasi merupakan hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan fakta-fakta dalam bentuk yang lebih bermakna. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses memanipulasi data menjadi bentuk informasi yang lebih bermakna dengan menggunakan perangkat elektronik yaitu komputer.
Sistem Komputer
Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berupa suatu sistem yang disebut sistem komputer. Secara umum, suatu sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan tujuan utama sistem tersebut. Tujuan utama sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi yang harus didukung oleh unsur-unsur yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi instruksi untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat dalam pengoperasian dan pengelolaan sistem komputer. Tiga elemen sistem komputer harus terhubung untuk membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak ada artinya dan tidak bernyawa. Baik perangkat keras maupun perangkat lunak tidak dapat berfungsi tanpa manusia yang mengoperasikannya.
Perkembangan Komputer :
generasi pertama:
1946-1956 Generasi ini mengandalkan tabung hampa udara (vacuum tube). Komputer ini memakan banyak ruang, memiliki kapasitas kecil, dan terkenal dengan kinerja termalnya. Ukuran memori hanya +/- 2000 byte atau lebih dan menjalankan program dan pencetakan masih dilakukan secara manual.
Generasi kedua:
1957-1963. Transistor menggantikan tabung vakum dalam menyimpan dan memproses informasi. Transistor lebih kecil, menghasilkan lebih sedikit panas, dan mengkonsumsi lebih sedikit daya. Ukuran kapasitas memori adalah 32 kb dengan kecepatan 20.000 hingga 30.000 instruksi per detik.
Generasi 3 : pada tahun 1964-1975. Itergrated circuit (IC) sudah mulai digunakan pada komputer. Ukuran penyimpanan berkapasitas 2 megabyte dengan kecepatan +/- 5 juta perdetik. Generasi ini pula yang memperkenalkan tekhnologi software yang mudah digunakan.
generasi ke-4:
1980-sekarang. Komputer menggunakan teknologi sirkuit terintegrasi skala sangat besar (VLSIC). Teknologi ini dapat menampung jutaan sirkuit dalam satu chip. Chip ini disebut mikroprosesor. Ukuran toko sangat besar, dengan kecepatan jutaan pesanan per detik.
Perangkat lunak komputer adalah instruksi atau kumpulan instruksi yang disusun secara logis dalam bentuk kode yang hanya dapat dipahami oleh komputer. Software komputer ini mengalami peningkatan atau perubahan dari tahun ke tahun dalam perkembangannya. Berdasarkan perkembangannya, sejarah perkembangan perangkat lunak komputer dapat dibagi menjadi beberapa era: Pioneer, Stable, Micro, dan Modern. Sejarah perkembangan perangkat lunak komputer adalah sebagai berikut:
1. Era Pioneer.
Di era perintis ini, perangkat lunak komputer pertama kali berbentuk koneksi bawaan antara internal komputer, dengan akses ke komputer menggunakan kartu berlubang. Saat itu, komputer masih digunakan secara langsung, dan program digunakan untuk mesin tertentu dan tujuan tertentu. Di hari ini dan usia, perangkat lunak komputer merupakan bagian integral dari perangkat keras komputer.
2. Era Stabil.
Di era yang stabil ini, komputer menjalankan baris perintah perangkat lunak komputer daripada satu-ke-satu, dengan banyak proses yang berjalan pada saat yang bersamaan (multitasking). Perangkat lunak komputer di era ini juga dapat menyelesaikan banyak pengguna (multi-user) dan cepat/langsung (real-time). Sekitar waktu ini, sistem database juga dikenal, yang memisahkan program dan data.
3. Era Mikro.
Di era mikro ini, perangkat lunak komputer dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Yaitu perangkat lunak sistem (Windows, Linux, Macintos, dll), perangkat lunak aplikasi (Ms. Office, OpenOffice, dll), dan perangkat lunak bahasa/bahasa pemrograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll.)
4. Era Modern.
Di era modern ini, software komputer tidak hanya untuk komputer, ponsel juga memiliki software sistem seperti Android dan Symbian. Kecerdasan perangkat lunak komputer juga meningkat, dan selain masalah teknis, perangkat lunak komputer juga mulai mengenali suara dan gambar.
Perkembangan Hardware & Software
Komputer telah mengalami banyak perubahan dan perbaikan bentuk dan fungsi sejak awal kemunculannya hingga saat ini. Pada tahun 1930, konsep komputer serba guna lahir, menandai awal dari komputer modern saat ini. Perkembangan masyarakat yang semakin kompleks ditambah dengan kemajuan teknologi telah mendorong orang-orang berbakat untuk berpikir cepat.
Pada tahun 1937, matematikawan Inggris Alan Turing membuat analisis teoretis tentang kemungkinan mengembangkan komputer serbaguna. Implementasi ide-ide tersebut dapat terwujud dengan cepat. Karena dalam Perang Dunia II, militer sangat membutuhkan perhitungan yang cepat, canggih dan akurat untuk memenuhi kebutuhan perang, maka dari ide ini pengembangan perangkat keras (hardware) berubah bentuk dan fungsinya. program yang mudah digunakan.
A. Perkembangan Hardware
Kemajuan teknologi yang dibuat manusia telah mengubah bentuk dan fungsi komputer tersebut dalam beberapa generasi, yaitu :
Generasi Pertama (1946-1959)
Generasi ini mengandalkan tabung vakum. Komputer ini memakan banyak ruang, memiliki kapasitas kecil, dan terkenal dengan kinerja termalnya. Komputer generasi pertama masih sangat sederhana dan tidak rumit untuk digunakan, sehingga tidak dapat menangani masalah besar. Komputer dalam proses dan pabrikannya masih menggunakan komponen besar.
Ciri-ciri komputer generasi pertama antara lain:
- Ukuran fisik yang besar.
- Kecepatan pemrosesan lambat.
- Cepat panas.
- membutuhkan banyak listrik.
- Menggunakan tabung hampa udara (vacuum tube).
Contoh komputer generasi pertama :
- MARK I, MARK II, IBM 702, IBM 704, IBM 709 (dibuat oleh IBM/International Business Machine).
- UNIVAC II (dibuat oleh Sperry Rand).
Periode ini ditandai dengan:
LSI (Large Scale Integration), mirip dengan munculnya mikroprosesor dan semikonduktor, adalah kompresi dari ribuan mikroprosesor yang dikemas ke dalam satu mikroprosesor. Perusahaan yang memproduksi mikroprosesor adalah:
Intel Corporation, Motorola, Zilog, dll. Komputer Pentium 4 merupakan produk terbaru dari Intel Corporation dan diharapkan dapat menutupi segala kelemahan para pendahulunya. Selain itu, fitur dan kecepatan Pentium 4 meningkat menjadi 2 GHz. Keuntungannya adalah gambar yang ditampilkan lebih halus dan jelas, dan kecepatan pemrosesan gambar serta kecepatan transmisi/penerimaan juga lebih cepat.
Ciri ciri komputer generasi kelima adalah sebagai berikut :
- Komputer generasi ini masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak. Pengembangan komputer genarasi ini dipelopori oleh negara Jepang
- Komponen elektronikanya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI
- Program dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor)
Komputer generasi kelima memiliki sifat-sifat sebagai berikut :
- Dapat membantu menyusun program untuk dirinya sendiri
- Dapat menerjemahkan dari suatu bahasa ke bahasa lain
- Dapat membuat pertimbangan-pertimbangan logis
- Dapat mendengar kalimat perintah yang diucapkan serta melaksanakannya
- Dapat memilih setumpuk fakta serta menggunakan fakta yang diperlukan
B. Perkembangan Software
Perkembangan Software Saat Ini
Komputer membutuhkan data atau fakta, dimana data ini pada saat diinput akan diterjemahkan menjadi bilangan biner. Saat ini, tingkat pemrosesan yang dikerjakan perangkat lunak bersifat machine-like (keinginan mesin) mulai berubah dengan sifat human-like (keinginan manusia).
Kemampuan komputer dirasakan sangat berkaitan dengan perangkat keras dan perangkat lunaknya, maka dari itu diperlukan perangkat lunak yang benar-benar mendukung perangkat kerasnya.Bentuk paling sederhana dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar) atau 0 (salah), cara ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (16 bit), double word (32 bit).
Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler. Kode-kode mesin sendiri masih cukup menyulitkan karena tuntutan untuk dapat menghapal kode tersebut dan format (aturan) penulisannya yang cukup membingungkan, dari masalah ini kemudian lahir bahasa pemrograman tingkat tinggi yang seperti bahasa manusia (bahasa Inggris). Produksi perangkat lunak saat ini adalah proses produksi yang sangat kompleks dengan rantai proses panjang yang melibatkan puluhan hingga ratusan orang.
Klasifikasi Software
Perangkat lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :
a. Bahasa pemrograman
Perangkat lunak yang bertanggung jawab untuk menerjemahkan arsitektur dan algoritme yang dirancang manusia ke dalam bentuk yang dapat dijalankan oleh komputer. Contoh bahasa pemrograman adalah:
BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN
b. Sistem Operasi
Saat Anda menyalakan komputer untuk pertama kalinya, sistem operasi berjalan terlebih dahulu, dan sistem operasi mengelola semua proses, menafsirkan input, mengelola proses internal, mengelola penggunaan memori, dan mengarahkan output ke perangkat yang sesuai. Contoh sistem operasi:
DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Sistem Apple 7
c. Utility
Sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility
Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi yang nanti akan di berikan pada pelatihan ini. Contoh aplikasi office adalah Microsoft Office yang terdiri dari Word(pemroses kata), Excel (pemroses tabel), Access (database), dan PowerPoint (presentasi). Yang berkembang sangat banyak saat ini adalah aplikasi multimedia dan internet. Contoh aplikasi multimedia adalah Winamp untuk memutar musik dalam format MP3 atau CD audio, dan RealPlayer untuk menonton film dan VCD. Aplikasi internet yang umum digunakan adalah browsing, email, chatting, dan messenger.
Review produk perusahaan IT yang memberi pengaruh signifikan bagi masyarakat
Semua aktivitas, termasuk berbelanja, menjadi lebih mudah bagi generasi milenial ini. Kecepatan dan kedekatan yang tinggi lebih disukai dan disukai di beberapa kalangan masyarakat. Tren sosial telah menyebabkan munculnya situs belanja online dan e-commerce, yang dimaksudkan untuk memfasilitasi akses waktu bagi mereka yang membutuhkan.
Perdagangan elektronik, atau perdagangan elektronik, adalah distribusi, pembelian, penjualan, dan pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti Internet, televisi, WWW, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce adalah model bisnis non-fisik (tidak ada representasi fisik pelaku bisnis) dan non-tanda tangan (tidak ada tanda tangan fisik yang digunakan). Sistem transaksi yang digunakan dalam perdagangan elektronik dirancang untuk tanda tangan elektronik. Tanda tangan dirancang dari pembelian, inspeksi, dan pengiriman. Dalam bisnis EC, merupakan syarat mutlak untuk dapat memperoleh informasi yang akurat dan akurat tentang konsumen dan bisnis.
Perkembangan e-commerce tidak lepas dari laju pertumbuhan internet, karena e-commerce dilakukan melalui jaringan dan koneksi internet. Pesatnya pertumbuhan pengguna Internet telah menjadikan Internet sebagai media yang efektif bagi bisnis dan individu untuk mempresentasikan dan menjual barang dan jasa kepada konsumen di seluruh dunia.
Shopee tentu saja merupakan salah satu website e-commerce yang memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk berbelanja online, sama seperti website e-commerce lainnya. Di bawah naungan perusahaan Internet Asia Tenggara Garena (berganti nama menjadi SEA Group), Shopee telah menjadi salah satu situs e-commerce paling populer dan terlaris di kalangan pengguna Internet. Menurut iPrice, Shopee terus tumbuh di tahun 2017, menyalip pesaingnya dalam kategori minat pencarian. Shopee Indonesia resmi diluncurkan di Indonesia pada Desember 2015 di bawah naungan PT Shopee International Indonesia.
Shopee Indonesia menawarkan beragam produk untuk menunjang aktivitas sehari-hari, antara lain fashion, gadget, kosmetik, elektronik, hobi dan koleksi, fotografi, peralatan olahraga, mobil, vitamin dan suplemen, elektronik konsumen, bahan makanan, dan minuman, souvenir dan voucher belanja untuk pesta.
Kelebihan e-commerce shopee:
- Shopee menawarkan fitur live chat yang membuat interaksi antara penjual dan pembeli menjadi lebih mudah dan cepat.
- Kami menawarkan berbagai sistem pembayaran, dari transfer bank, Indomaret, Kredivo hingga kartu kredit. Ada juga Shopee Pay, dompet elektronik tempat Anda bisa menyimpan semua dana dari penjualan atau pembelian.
- Ini fitur Koin Shopee, yang merupakan koin virtual yang diperoleh dengan membeli item dengan promosi tertentu dalam sistem cashback. Koin Shopee dapat ditukarkan dengan diskon saat membeli item berikutnya
- Website bisa jadi sulit diakses atau bahkan lambat pada waktu-waktu tertentu.
- Tampilan deskripsi produk dianggap tidak menarik bagi calon pembeli.
- Ketersediaan lowongan IT sangat membantu pesatnya perkembangan dunia digital.
- Mempermudah orang untuk membeli.
- Memudahkan calon pembeli menemukan produk yang diinginkan tanpa harus bertemu langsung dengan penjual.










Komentar
Posting Komentar